Kamis, 01 Oktober 2015

GunungKidul, Wonosari merupakan daerah yang secara umum dikenal sebagai tempat berhawa panas dengan barisan pegunungan karst  kering yang membentang hingga menyambung ke arah Pacitan di Jawa Timur. Di GunungKidul pula juga berada barisan pantai eksotik membentuk sabuk keindahan yang membuat Yogyakarta / Jogja terasa kontras di sisi utara dan selatannya. Namun keliru jika menganggap GunungKidul hasnya cantik karena sabuk pantainya saja. GunungKidul juga menyimpan banyak pesona yang uwindah dari sudut lainnya termasuk jika dipandang dari sebuah tempat di bawah ini.
embung-nglanggeran-wonosari-gunungkidul-jogja-yogyakarta

Salah jika mengira pemandangan-pemandangan cantik di atas adalah milik sebuah pantai. Tempat ini bahkan bukan lautan. Sbaliknya hamparan air beratapkan langit berawan tersebut berada di sebuah barisan perbukitan pada ketinggian hampir 700 meter di atas permukaan laut.
Embung Nglanggeran, itulh nama tempat di GunungKidul yang mnawarkan pemandangan-pemandangan yang indah tersebut. Dbuat dengan membelah sebuah bukit yang bersisian dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, embung atau telaga buatan ini mengkonservasi air dari berbagai sumber seperti mata air dan air hujan dengan menampungnya di atas perbukitan Nglanggeran, Patuk, GunungKidul. 
Dibuka serta diresmikan pada 19 Februari 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono X, tempat ini sebenarnya bernama resmi “Kebun Buah Nglanggeran” karena diproyeksikan sebagai kebun buah. Durian, kelengkeng, rambutan adalah sebagian jenis buah yang rencananya akan dikembangkan di area ini. Namun kberadaan kolam air raksasa di puncaknya membuat nama Embung Nglanggeran lebih dikenal. Petunjuk artah menuju tempat ini pun menggunakan nama Embung Nglanggeran dibanding nama sebenarnya.
Yuk kapan ke Embung Nlanggeran bersama rental mobil jogja "Cahhya-Transport"

0 komentar:

Posting Komentar